Pustaka Komunitas Gratis

Pustaka Komunitas di Rumah Ahmad Arif 

Pustaka ini diawali pada Januari 2007 dengan dibukanya akses kepada masyarakat untuk membaca dan meminjam buku koleksi pribadi Ahmad Arif (Pimpinan RUMAN Aceh) yang dihimpunnya mulai saat nyantri di pesantren Ar-Raudhatul Hasanah Medan periode 1993-1999.
            Koleksi tersebut dilanjutkan pada masa kuliah di Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (USU) tahun akademik 1999-2000.Koleksi terbesar adalah ketika meneruskan studinya di Fakultas Syariah dan Hukum Universiatas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta tahun 2000-2004.
Bahkan, hingga kini pun setiap bulannya Ahmad Arif menyisihkan gajinya untuk membeli bahan bacaan baru di toko buku yang ada di seputaran Banda Aceh dan Aceh Besar. Juga beberapa dipesan ke luar.
            RUMAN atau Rumah Baca Aneuk Nanggroe adalah nama yang disematkan pada pustaka tersebut kala dimulai awal Januari 2007 silam. Tidak ada publikasi ke media massa atau media sosial. Hanya bermodalkan khabar dari lisan ke lisan.
            Karena mayoritas koleksi bacaan tersebut merupakan konsumsi akademik, maka yang paling banyak memanfaatkannya adalah para mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (kini telah menjadi Universitas Islam Negeri) Ar-Raniry ditambah sebagian kecil dari Universtias Syiah Kuala (UNSYIAH) dan beberapa kampus lain di seputaran Banda Aceh dan Aceh Besar.
            Koleksi pustaka RUMAN semakin bervariasi setelah dipublikasi ke media sosial facebook pada akhir 2010. Hingga Agustus 2016, koleksi pustaka telah mencapai 10.000 eksemplar. Hal tersebut berdampak pada bervariasinya kateogori pembaca.
            Pustaka Komunitas Gratis ini buka setiap hari (kecuali sedang tidak ada tim di basecamp), Masyarakat dibolehkan meminjam buku di Pustaka ini, dengan hanya menuliskan Nama, Alamat, dan Nomor Handphone Peminjam buku.


Pustaka Komunitas di Basecamp RUMAN Aceh
Pustaka Komunitas di Basecamp RUMAN Aceh

Komentar