RUMAN, Tempat Bimbel Gratis Rayakan Milad Pertama

Citizen6 21 Apr 2014 16:37
Ruman Aceh mengadakan general medical checkup dan pembagian makanan bergizi. 
Kegiatan ini terlaksana berkerja sama dengan Rumah Zakat Indonesia

Citizen6, Banda Aceh - Dalam rangka merayakan ulang tahun pertama bimbingan belajar gratis yang disediakan oleh Rumoh Baca Aneuk Nanggroe (Ruman) Aceh bagi anak yatim dan keluarga dhuafa, Ruman Aceh mengadakan general medical checkup dan pembagian makanan bergizi. Kegiatan ini terlaksana berkerja sama dengan Rumah Zakat Indonesia (RZI) Cabang Aceh.

Bertempat di base camp Ruman Aceh di Lingkungan Tuang Dipakeh II, Gampong Punge Blangcut, Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh, 100 anak hadir memeriahkan kegiatan social & charity ini sejak pukul 8 pagi hingga 11 siang.

Dalam sambutannya, Kepala Ruman Aceh, Ahmad Arif Ginting menguraikan bahwa Ruman Aceh memiliki dua divisi. Yaitu, divisi pustaka yang telah dibuka sejak awal 2007 silam dan divisi anak yang memulai kegiatan bimbel gratis pada 8 April 2013 lalu.

“Semua kegiatan Ruman, baik pustaka, bimbel maupun kegiatan kolosal lainnya bersifat cuma-cuma alias gratis buat anak yatim dan anak-anak keluarga dhuafa di gampong ini”, ujar Ahmad Arif Ginting yang pernah belajar di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini.

Anak-anak menerima beragam hadiah

Sebelum general checkup, anak-anak diberikan penyuluhan tentang gaya hidup sehat berupa menjaga kesehatan seluruh anggota fisik dari rambut hingga ujung kaki. Juga dipraktikkan cara sikat gigi dan cuci tangan yang benar.

Setelah penyuluhan, setiap anak dipanggil untuk diperiksa tinggi dan berat badan yang dilanjutkan dengan pemerikasaan mulut, hitung dan telinga. Sembari menanti giliran, anak-anak diberi permainan sesuai dengan kelasnya. Menyusun gambar untuk usia preschool. Menggambar dan mewarnai bagi usia kelas 1 Sekolah Dasar. Dan, membuat bingkai poto untuk anak usia kelas 2-6 Seolah Dasar.

Usai general checkup, RZI memabagikan susu kota dan roti kepada setiap anak. Sedangkan Ruman Aceh membagikan makanan bergizi terdiri dari nugget, bakso dan sosis sehat. Disamping itu juga dibagikan hadiah milad pertama bimbel gratis Ruman Aceh berupa bola dan balon warna warni.

“Kami haturkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah dan masih terus membersamai kami dalam mengayunkan langkah khidmah kecil nan sederhana ini”, ungkap Ahmad Arif Ginting saat menutup acara dengan air muka suka cita seperti dirasakan oleh anak-anak yang membawa penuh hadiah di genggaman mereka.

Komentar