Muharram Ceria Bersama Ruman di Hari Pahlawan

 Citizen6  12 Nov 2013 14:55

Citizen6, Banda Aceh: Rumoh Baca Aneuk Nanggroe (Ruman) Aceh mengadakan kegiatan Muharram Ceria Bersama Ruman di Hari Pahlawan dengan tema "Sehat, Cerdas dan Ceria" di Kelurahan Punge Blangcut, Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh.

Acara yang dilaksanakan pada Minggu 10 November 2013 kemarin diikuti oleh 65 anak binaan yang aktif mengikuti kegiatan bimbingan belajar (bimbel) yang diselenggrakan oleh Divisi Anak Ruman Aceh sejak awal April 2013 silam secara gratis. Usia mereka antara 5 hingga 12 tahun atau tingkat Taman Kanak-Kanak hingga Sekolah Dasar.

Membaca

Rangkaian kegiatan dimulai dengan membaca beragam buku konsumsi anak-anak koleksi Divisi Pustaka Ruman Aceh. Sebelum memulai setiap kegiatan, Ruman Aceh selalu mengawalinya dengan membaca. Ada yang membaca sendirian, berkelompok, ada yang membaca sambil berdiri, dan ada pula yang lesehan.

Kegiatan belajar yang paling menarik adalah mereka yang membaca secara kelompok. Ada yang menjadi leader (pemimpin) kelompok itu. Sang komandan membacakan isi buku pilihan mereka kepada anggota yang duduk mengelilinginya. Seringnya, dalam kelompok itu lebih banyak anak usia TK. Dengan komposisi itu, the commander menstimulus adik-adiknya yang berusia TK untuk bisa membaca. Selain itu, ada diskusi ringan, bahkan terkadang serius, terhadap kandungan bacaan mereka.

Jalan Sehat

Kegiatan kedua adalah jalan sehat mengelilingi kampung. Salah satu lokasi yang dilalui adalah Taman Edukasi Tsunami Kapal PLTD Apung yang menjadi maskot Kelurahan Punge Blangcut pasca tsunami. Dulu, kapal itu berada di Pantai Ulhe Lheu yang berjarak 5 Km. Akibat dahsyatnya gelombang besar tsunami "mendaratkan" kapal tersebut di Kelurahan Punge Blangcut.

Start jalan sehat dibuka di depan "markas besar" Ruman Aceh dan berakhir di Balee At-Taqwa, Dusun Tuan Dipakeh II Kelurahan Punge Blangcut. Dilepas oleh Riski Sopya, selaku Ketua Divisi Anak Ruman Aceh, anak-anak mulai berjalan diikuti oleh 4 pendamping lain.

"Kita awali tahun ini dengan kegiatan sederhana, tapi menyehatkan. Dalam raga yang sehat terdapat jiwa yang sehat, demikian petitah orang tua kita," ujar Riski.

Sepanjang perjalanan, anak-anak menyanyikan lagu-lagu gembira bersama para guru yang mendampingi mereka. Antara lain "Di Sana Senang di Sini Senang","Tujuh Belas Agustus", "Shalawat", dan lainnya. Tak pelak, gemuruh suara mereka mengundang perhatian masyarakat di sepanjang rute yang dilewati.

Mewarnai

Acara ketiga adalah mewarnai. 65 anak dibagi menjadi 8 kelompok. Tiap kelompok menerima perlengkapan mewarnai. Di ujung acara nantinya akan diadakan pengundian untuk mendapatkan door prize. 

Antusiasme mereka menjadi yang terbaik sangat luar biasa. Hal ini dilihat dari keseriusan mereka merangkai komposisi warna agar terlihat indah. Posisi mereka mengikuti lomba ini pun sangat beragam. Ada yang lesehahan, ada juga yang rebahan atau menggunakan meja kecil.

Santunan dan Bagi Hadiah

Di akhir rangkaian acara, diberikan santunan untuk anak yatim dan yatim piatu yang diserahkan oleh perwakilan donator, Nia Gusniati. Pada kesempatan ini ada 9 anak yatim yang menerima santuan, terdiri dari 3 anak laki dan 6 anak perempuan. Setelah itu pengundian door prize untuk 8 peserta yang beruntung mendapatkan hadiah. 

Semua peserta "tegang" menanti pemilihan. Akhirnya, terpilih satu peserta perempuan dan 8 peserta laki untuk menerima door prize berupa bola karet besar, congkak dan tas kecil untuk alat tulis. Hadiah diberikan oleh para pendamping secara bergantian.


Selain door prize, semua peserta juga mendapatkan cindera mata hiburan berupa buku gambar, kerokan dan pensil yang dibungkus dalam plastic warna-warni nan indah. Seketika semua tersenyum gembira. Terlebih lagi saat Kepala Divisi Anak beserta seluruh pendamping berkeliling membagikan selembar pecahan Rp 2 ribu beserta nasi kuning.

"Kegembiraan mereka hari ini merupakan bukti nyata dari ungkapan bijak "Sedekah Kita Kegembiraan Mereka". Terima Kasih kami haturkan kepada para donator. Kiranya kerja sama ini bisa terus berlanjut di masa yang akan datang," ungkap pendiri sekaligus Kepala Ruman Aceh. (Ruman Aceh/mar)

[Sumber; http://news.liputan6.com/read/744109/muharram-ceria-bersama-ruman-di-hari-pahlawan]

Komentar